World Health Day 'Depression : Let's Talk'

Setiap tahun, tanggal 7 April diperingati oleh seluruh masyarakat di dunia sebagai Hari Kesehatan Sedunia. Tahun ini, tema global HKS 2017 adalah “Depression: Let’s Talk” dengan tema nasional adalah “Depresi: Yuk Curhat!”.

Situasi depresi seringkali dianggap sekedar perubahan suasana hati (mood). Padahal, depresi merupakan real disease atau masalah kesehatan masyarakat yang nyata namun dapat diobati. Depresi (depressive disorder/clinical depression) suatu penyakit psikis yang ditandai dengan rasa sedih dan putus asa yang dialami di waktu-waktu tertentu, yang merupakan reaksi normal dalam menghadapi masalah, namun perasaaan ini akan menjadi sangat berbahaya pada tingkat akut jika berlangsung selama beberapa hari bahkan bermingu-minggu. . Masalah depresi merupakan masalah yang sangat besar yang terjadi di tingkat global, termasuk Indonesia.

Di Indonesia fasilitas tenaga kesehatan jiwa tahun 2015 terdapat 167 psikater konsultan dengan melayani populasi sebesar 252.370.792 jiwa, dengan sebaran tenaga kesehatan yang tidak merata karena tidak semua provinsi memiliki rumah sakit jiwa.

Sebuah fakta yang perlu diketahui, bahwa depresi yang berlarut-larut dan tidak ditangani, dapat mengantarkan pada tindakan bunuh diri. Hampir 800.000 kematian akibat bunuh diri terjadi setiap tahun terjadi di dunia atau dengan kata lain setiap 40 detik, seorang meninggal karena bunuh diri.

Mari manfaatkan momentum Hari Kesehatan Sedunia 2017 “Depression: Let’s Talk” ini untuk melangkah bersama dalam mendorong pemberdayaan peran keluarga, saudara, sahabat sebagai strategi untuk membantu permasalahan kesehatan psikis secara lebih efektif dan berdampak lebih nyata. Karena kesehatan tak hanya tentang tubuh, namun juga psikologis. 


Komentar
Beri Komentar

Program
News Update