TRAUMA HEALING YAKESMA UNTUK KORBAN TERDAMPAK BANJIR CIPINANG MELAYU

Bencana banjir beberapa pekan lalu tidak hanya menimbulkan kerugian materi tetapi juga immateri yang berdampak langsung maupun tidak langsung terhadap psikologis warga daerah tersebut. Rasa trauma pun muncul dan dapat memicu dampak psikologis yang cukup erat, yang tidak hanya dirasakan oleh orang warga dewasa tetapi juga anak-anak yang ada di sekitar lokasi bencana. Berkaitan dengan hal tersebut, Yakesma mengadakan trauma healing melalui dongeng dan permainan tradisional kepada anak anak yang menjadi korban banjir di Cipinang Melayu, Jatinegara.

Trauma healing pascabencana ini dilakukan untuk mempercepat pemulihan kondisi psikologis dan sosioemosional korban bencana terutama anak anak agar dapat kembali merasakan kehidupan dengan nyaman tanpa dibayangi rasa ketakutan. Kegiatan trauma healing berlangsung pada hari Senin (20/02) bertempat di RT 6-7-12/ RW 13 Cipinang Muara, Jatinegara, Jakarta Timur dengan diikuti kurang lebih 100 anak pengungsi korban banjir. Mereka diajak untuk bermain dan bernyanyi bersama serta mendengarkan dongeng dari Ibu Tuti Ernawati, SE dan Sariningsih, S.Pdi. Selain itu, pada hari yang sama, Yakesma juga turut memberikan alat alat kebersihan dan 250 paket berisi makanan ringan, sabun mandi,makanan santap siang serta perlengkapan sekolah kepada 191 KK di daerah Cipinang Muara.



Hingga kegiatan trauma healing berlangsung, banjir masih menggenangi daerah cipinang muara setinggi 1 meter, namun anak anak tetap antusias untuk mengikuti permainan yang diberikan relawan trauma healing saat itu. “Terima kasih Yakesma telah memberikan bantuan dan permainan gratis untuk anak anak yang ada disini. Saya sebagai orang tua merasa senang sekali anak anak bisa ceria lagi setelah datangnya banjir kemarin” ujar Ibu tuti salah satu penerima bantuan bajir di Cipinang Muara .



Komentar
Beri Komentar

Program
News Update