Maag Anda Mulai Membakar Dada? Ini Cara Mengatasinya

Anda mungkin pernah mendengar bahwa minuman atau makanan seperti susu, roti, atau cuka apel bisa atasi sakit maag atau asam lambung naik. Ketika maag mulai membakar dada, apakah pengobatan rumah ini benar-benar bekerja?

Menurut Patrick Hyatt, MD, seorang spesialis di The Center for Heartburn and Reflux Disease di Mercy Medical Center, Baltimore, itu hanya kepercayaan lama yang justru bisa membuat asam lambung naik memburuk.

Sensasi dada terbakar bisa terjadi ketika asam lambung yang dihasilkan ketika Anda makan naik ke kerongkongan Anda, kata Dr Hyatt. Hal seperti ini sering dipicu konsumsi makanan asam atau makanan pedas yang bercampur dengan asam lambung, katanya.

“Makan berlebihan juga dapat memicu asam lambung naik. Ketika Anda makan sampai titik di mana perut Anda penuh, isi perut Anda akan menekan esophageal sphincter yang dapat menyebabkan cairan asam dari perut bocor. Makan banyak roti atau susu hanya akan mendorong tubuh Anda untuk menghasilkan lebih banyak asam lambung,” katanya.

Apotek menyediakan banyak pilihan obat, tapi Dr Hyatt mengatakan obat yang dapat cepat membantu adalah yang memiliki kandungan penghambat histamin cepat. Histamin adalah zat kimia yang memicu produksi asam lambung dan dapat memberikan bantuan dalam 15 sampai 30 menit, lanjutnya.

“Namun, jika Anda mengalami asam lambung naik lebih dari dua kali seminggu, beri tahu dokter Anda. Sakit maag yang tidak diobati dapat meningkatkan risiko kanker kerongkongan. Tetapi dokter dapat memantau gejala dan memberi Anda perawatan pencegahan jika diperlukan,” tutupnya.

(sumber: okezone.com) (Am-SB)

 

Komentar
Beri Komentar

Program
News Update